Jumat, 12 Desember 2014

Cara membuat judul kolom dalam tabel excel otomatis tercetak ketika diprint

Disini saya akan sharing pengalaman saya tentang pengoperasian excel, yang mana saya sebagai divisi ibadah di sebuah asrama mahasiswa sering sekali mencetak jadwal kultum dalam tabel excel. Sampai pada suatu saat ketika saya membuat jadwal kultum dengan menggunakan excel, saya mendapati masalah kecil. Tetapi karena sudah lama tidak menggunakan excel saya agak sedikit lupa. Masalah yang didapat adalah bagaimana cara membuat judul kolom dalam tabel itu otomatis tercetak pada semua halaman atau lembar baru.

Kira-kira seperti ini screenshootnya


Jadi yang saya inginkan adalah judul kolom dari sel A1 s.d W4 tercetak otomatis disetiap halaman.

Nah langsung aja caranya adalah sebagai berikut :
  1. Klik tab Page Layout
  2. Klik toobar Print Titles maka akan muncul kotak dialog sbb :
  3. Klik di bagian Rows to Repeat at Top maka anda akan diarahkan untuk memilih baris yang akan dicetak pada masing-masing halaman nantinya.
  4. Pilih sel yang akan diulang dalam setiap halaman dalam contoh ini pilih sel A1 sampai W4
  5. Klik OK selesai.
  6. Coba anda preview melalui print preview maka semua judul kolom akan terulang disetiap halaman.

Nah terlihat dari screen shoot diatas dari print scrint walaupun sudah halaman 2 tetapi judul kolom masih tetap ada.

Sekian dulu tutorial kali ini jika ada pertanyaan seputar excel silahlah layangkan diblog ini. terima kasih.


EmoticonEmoticon