Sabtu, 15 November 2014

OLX dan Berniaga akan bergabung


Situs jual beli OLX.com dan berniaga.com akan segera melakukan merger atau penggabungan perusahaan. Hal tersebut dilakukan oleh masing masing induk perusahaan mereka yang bergabung dalam kemitraan atau joint venture, yakni 701 Search dan Naspers.

701 Search sendiri adalah perusahan media gabungan antara Singapore press holding limited, Schibsted media group dan telenor group, yang berfokus pada pengembangan marketplace online di beberapa negara, dan di Indonesia mereka berinvestasi melalui berniaga.com

Indonesia

Philipina

Malaysia

Vietnam



Sedangkan Naspers adalah grup media besar asal Afrika Selatan yang mulai masuk pasar Indonesia lewat investasi di Tokobagus dan juga akuisisi Multiply yang sudah berhenti beroperasi tahun lalu. Tokobagus sendiri berganti nama menjadi OLX, yang kalau dibaca menurut beberapa orang sangat sulit bahkan bisa menjadi kebalikannya toko bagus karena ejaannya jadi "O.. eleks".

Tokobagus.com ganti nama OLX.co.id


701 Search dan Naspers sepakat mendirikan perusahaan gabungan untuk pengembangan platform klasifikasi online di Brasil, Indonesia, Thailand dan Bangladesh," tulis informasi dari Reuters, Jumat, 14 November 2014.

Masih menurut berita tersebut, di Indonesia model kerja sama kepemilikan antara Naspers dan 701 Search akan memiliki pembagian komposisi 64% Naspers dan 36% 701 Search. Sehingga kemungkinan besar karena Naspers atau OLX memiliki komposisi saham lebih besar dari 701 search maka penggabungan ini akan mempertahankan nama OLX dan memvandalisasi (hapus) berniaga.com. Kita tunggu saja nama apa yang akan dipakai bisa jadi OLga.com atau malah gaOL.com hehe.

Penyatuan antara OLX dan Berniaga tentu saja akan membuatnya menjadi pemain marketplace terbesar di Indonesia. terang saja dahulu OLX dan berniaga adalah rival satu sama lain dan menguasai marketplace Indonesia. Hal tersebut akan menguntungkan baik bagi penjual ataupun pembeli yang biasa menggunakan OLX atau berniaga. Salah satu keuntungannya untuk penjual adalah pangsa pasar yang semakin lebih besar karena pelanggan dari OLX dan berniaga berkumpul dalam satu platform baru dan bagi pembeli tentunya mendapatkan pilihan produk yang lebih banyak dan variatif.



EmoticonEmoticon